Tips Perlindungan Diri dan Keluarga untuk Terhindar dari Virus Corona


Virus corona atau covid19 merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan. Virus ini pertama kali ditemukan saat menginfeksi penderitanya di Wuhan China pada Desember 2019. Hingga kini covid19 menjadi pandemi di seluruh dunia dengan total kasus mencapai 1,8 juta kasus dan jumlah kematian global mencapai 114.000 orang lebih. Meski bisa menyebabkan kematian, namun sebagian besar penderitanya bisa disembuhkan. Akan tetapi memang ada orang-orang yang memiliki resiko lebih besar sehingga memiliki gejala yang lebih parah bahkan hingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu kita pun juga tidak bisa menganggap sepele akan hal ini.

Virus covid19 ini sangat menular dan bisa menular dengan mudah dan cepat. Cara penularannya adalah melalui orang yang telah positif covid19 sehingga memiliki virus dari percikan-percikan air yang keluar melalui hidung dan mulutnya saat batuk, bersin ataupun bicara. Virus yang keluar inilah yang bisa menyebabkan penularan jika terhirup atau masuk secara langsung ke mulut, hidung atau mata orang sehat di sekitarnya. Selain itu virus bisa juga melayang di udara selama beberapa waktu dan menempel di permukaan benda seperti pakaian, permukaan meja, buku, layar komputer dan lainnya. meski tidak masuk ke dalam tubuh, namun virus yang menempel tersebut masih hidup dan bisa aktif menulari seseorang. Saat secara tak sengaja seseorang menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian tangannya digunakan untuk menyentuh area wajah yaitu mulut hidung dan mata, saat itulah virus bisa menginfeksi orang lain.

Dari cara penularannya di atas, Anda bisa mengupayakan pencegahan diri dan keluarga dari virus corona dengan cara-cara berikut ini:

  1. Sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan cairan alkohol minimal 60%. Kedua pembersih tersebut dapat membunuh virus di tangan Anda sehingga memutus rantai penularan.
  2. Jaga jarak dari orang lain minimal 1 meter apalagi jika ada orang lain yang batuk atau bersin di sekitar Anda. orang tersebut bisa saja merupakan carrier covid19 sehingga Anda tetap perlu waspada.
  3. Terapkan etika batuk dan bersin dengan menutupi mulut dan hidung menggunakan siku meski Anda sudah menggunakan masker.
  4. Gunakan masker saat Anda harus keluar rumah. Masker dapat membantu menyaring udara yang masuk sehingga lebih sehat.
  5. Hindari menyentuh area wajah apalagi jika Anda belum mencuci tangan untuk menghindari kontaminasi virus yang mungkin saja sudah menempel di tangan.
  6. Tetap tinggal di rumah saja untuk menghindari penularan corona. Apalagi jika Anda merasa kurang sehat. Namun jangan panik dan buru-buru ke rumah sakit jika gejala yang diderita tidak parah. Tak semua batuk dan pilek adalah gejala corona. Gunakan masker di rumah dan lakukan isolasi mandiri kemudian makan makanan sehat bergizi hingga gejala reda. Jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter secara online melalui Halodoc.


Dengan menerapkan cara-cara perlindungan diri tersebut, diharapkan resiko kontaminasi terhadap virus corona akan semakin berkurang. Jangan lupa untuk menggunakan masker saat Anda keluar rumah dan membiasakan diri mencuci tangan setelah menyentuh benda asing. Hindari kebiasaan menyentuh area wajah sebelum Anda memastikan tangan sudah berada dalam kondisi bersih. Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan rumah khususnya tempat-tempat yang sering dipegang seperti tombol bel pintu, pagar, gagang pintu, saklar lampu dan keran air.

Belum ada Komentar untuk "Tips Perlindungan Diri dan Keluarga untuk Terhindar dari Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel