Mencegah Obesitas Pada Anak? Ikuti Tips ala SehatQ.com ini


Obesitas ternyata tidak hanya punya resiko yang tinggi terhadap orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Penyakit ini merupakan suatu kondisi ketika seseorang punya berat badan yang berlebihan. Punya berat badan berlebih yang terus naik dari hari ke hari tentu berlebih ketika terjadi pada anak. 

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Untuk itu orang tua perlu melakukan pencegahan obesitas anak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar meminimalisir berat badan yang berlebih pada si buah hati. 

 1. Memberikan ASI Eksklusif

Yang pertama bisa dilakukan pada bayi untuk mencegahnya obesitas sejak dini yaitu dengan memberikan ASI eksklusif. Karena seperti diketahui susu formula tentu punya kadar gula yang lebih tinggi dibanding ASI. 

Jadi jika memang mampu memberikan ASI, sebaiknya ibu harus memilih ASI dibandingkan susu formula. Karena tanda dan gejala obesitas pada anak cukup mudah terlihat terlebih pada fisiknya.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Mencegah obesitas pada anak tentu harus dilakukan dengan membiasakan anak makan makanan sehat. Jangan biarkan anak sedari kecil melalui gaya hidup yang tidak sehat seperti makan makanan instan. Lebih baik jika anak mengkonsumsi buah dan sayur serta protein yang cukup. 

Karena seperti diketahui makanan instan apalagi minuman, punya kandungan glukosa yang tinggi. Biasanya anak cenderung menyukai makanan olahan, karena rasanya enak. Padahal di sisi lain, makanan olahan bisa lebih cepat membuat berat badan naik. 

Ketika membiasakan anak konsumsi makanan sehat, sebaiknya orangtua juga menjadi contoh dengan memiliki pola makan sehat. Meminimalisir kemunculan makanan-makanan olahan di rumah adalah cara mengatasi obesitas pada anak yang tepat.

3. Biasakan Anak Makan Secara Perlahan

Biasanya anak kecil menyukai aktivitas yang cepat termasuk juga ketika sedang mengkonsumsi makanan. Saat anak cenderung menghabiskan makanannya secara cepat, maka biasanya jumlah makanan yang dihabiskan juga lebih banyak. Makan terlalu banyak tentu bisa menyebabkan obesitas karena adanya penumpukan lemak. 

OLeh karena itu disarankan agar anak mengunyah makanan pelan-pelan. Disarankan juga agar anak terbiasa makan tepat waktu. 

4. Ajak Anak Berolahraga Rutin

Orang tua harus menyempatkan diri dengan mengajak anak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sederhana di rumah. Ketika anak punya gerak yang cukup maka obesitas bisa dihindari. Jangan membiarkan anak tiduran seharian di depan televisi atau smartphonenya dengan camilan. 

Karena hal ini adalah salah satu pemicu berat badan berlebih. Agar olahraga terasa lebih fun, maka orang tua bisa mengajak anak untuk naik sepeda atau jogging di sekitar area rumah.

5. Tidur Lebih Awal

Bagaimana mengatasi masalah obesitas pada anak?Jangan biarkan anak untuk tidur tidak teratur. Karena ada beberapa penelitian yang sudah membuktikan bahwa kelebihan berat badan disebabkan salah satunya oleh pola tidur yang salah atau kurang tidur.

Maka dari itu untuk anak di bawah 5 tahun maka sebaiknya harus tidur lebih awal pada pukul 8 atau 9. Batasi juga anak untuk menggunakan ponsel terlalu lama atau menonton TV. Karena kedua hal ini bisa memicu untuk anak tidur lebih lama. 


Demikian beberapa cara tepat untuk mencegah obesitas yang terjadi pada anak. untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kelebihan berat badan pada anak atau pun orang dewasa Anda bisa mendapatkannya di direktori penyakit pada platform SehatQ. 

Untuk diketahui platform ini bisa anda akses melalui website ataupun aplikasi yang bisa didownload di playstore dan AppStore. Tidak hanya mendapatkan artikel seputar kesehatan saja, di SehatQ juga terdapat fitur chat dokter. Fitur ini memudahkan anda untuk menanyakan berbagai keluhan penyakit yang langsung dijawab oleh dokter ahli di bidangnya. Responsibilitas untuk fitur chat dokter ini juga cukup cepat.

Belum ada Komentar untuk "Mencegah Obesitas Pada Anak? Ikuti Tips ala SehatQ.com ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel